Ade Sugianto: Bawa Terbang Negara ini Jauh di Atas Langit

Tasikmalaya - Gerakan Pramuka dalam melaksanakan tugas pokoknya untuk mencapai tujuan dengan menyelenggarakan Pendidikan kepramukaan dalam bentuk kegiatan yang sehat, menarik, terarah dan terencana, di alam terbuka dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

ketua mabicab tasikmalaya ade sugianto
Ade Sugianto membuka secara resmi LT III Kwarcab Tasikmalaya

 

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tugas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. 

Dalam rencana strategis Gerakan Pramuka 2022-2027, ditetapkan bahwa peningkatan kualitas pendidikan peserta didik merupakan salahsatu program prioritas. Lomba Tingkat III Regu Penggalang Tahun 2023 bukan hanya merupakan upaya peningkatan kualitas pramuka penggalang, tetapi juga untuk mengevaluasi implementasi renstra yang berkaitan dengan kualitas peserta didik yang dilaksanakan di gugus depan. 

Kegiatan-kegiatan dalam kepramukaan untuk mencapai sasaran tersebut merupakan kegiatan yang menantang. Hal tersebut sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan pramuka serta situasi dan kondisi dengan menerapkan prinsip modern, bermanfaat. Dalam pelaksanaan LT III peserta didik ikut serta berkompetisi merupakan suatu metode pendidikan yang efektif dalam mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka.

Berlomba bukan hanya untuk menang, tetapi berlomba untuk mengamalkan kode kehormatan pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma. Kwarcab Tasikmalaya berkewajiban menyelenggarakan LT III Tahun 2023 dengan tujuan mengukur kualitas anggota pramuka serta mencari regu berprestasi tinggi pramuka penggalang yang akan ikut serta dalam LT IV mendatang.

Bahwa kita ini bukan siapa-siapa tanpa perjuangan dan kita ini bukan siapa-siapa tanpa pengabdian. Bung Karno mengatakan kita tidak berarti apa-apa apabila kita tidak bisa mengabdi terhadap Tuhan, tanah air dan bangsa. Ini sesuai dengan Tri Satya, bagaimana kita menjalankan kewajiban kepada negara, bangsa dan Pancasila. Bagaimana kita memajukan dan mempersiapkan pembangunan bangsa dan membantu manusia yang lain. 

Saya berharap pramuka Tasikmalaya semakin maju dan bermanfaat. Semoga adik-adikku sekalian dapat membawa Indonesia, membawa terbang negara ini jauh di atas langit dan mengibarkan bendera ke dunia, akulah pramuka Indonesia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال